Tips Mencegah Baret Pada Bodi Mobil

Setiap pemilik pasti mengharapkan mobilnya selalu tampil prima. Tapi, jadi masalah ketika bodi mobil terlihat ada baret. Lalu bagaimana cara menjaga agar bodi mobil Anda tidak terjadi baret? Inilah tips mencegah baret pada bodi mobil.

Ketika mencuci mobil sendiri banyak orang yang kurang memperhatikan tata cara yang baik dan benar. Perlu diketahui, banyak hal yang harus dilakukan agar bodi mobil tetap terjaga dan tidak terjadi goresan.

Ketika hendak mencuci mobil sebaiknya pastikan dahulu kotoran yang ada di bodi mobil sudah bersih, terutama butiran pasir yang menempel. "Tujuannya untuk mencegah terjadinya baret akibat gesekan antara busa dengan sisa kotoran yang masih menempel,"ujar Rahmat dari Car Spa Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kotoran-kotoran ini biasanya hinggap di bagian yang rawan kotor, yakni di bagian bawah bodi mobil. Makanya, sebelum mencuci, siram dulu bodi mobil dengan air bertekanan agar kotoran tersebut bisa lepas.

Dirinya pun menyarankan saat mencuci dan memoles sebaiknya gunakan kain yang halus. Tidak disarankan memakai spons yang justru bisa menyimpan kotoran di sela pori-porinya. "Karena penggunaan kain yang kasar berisiko meninggalkan baret pada permukaan mobil," tutur Rahmat. Disarankan menggunakan kain mikrofiber yang lebih halus dan dapat mengangkat kotoran dengan baik.

source: autobild